- RPP kurikulum 2013 revisi bulan ini
- Download instrumen penilaian kurikulum 2013
- Honorer mendapat APBD / APBN
Penilaian Kurikulum 2013 SMP, SMA dan SD
1. Pengertian penilaian krtikulum 2013 SMP dan sebagainya
Penilaian Kurikulum 2013 SMP, Sikap bermula dari perasaan yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap juga sebagai ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dapat dibentuk, sehingga terjadi perilaku atau tindakan yang diinginkan. Kompetensi sikap yang dimaksud dalam panduan ini adalah ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang dan diwujudkan dalam perilaku. Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap peserta didik sebagai hasil dari suatu program pembelajaran. Penilaian sikap juga merupakan aplikasi suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap. Kegunaan utama penilaian sikap sebagai bagian dari pembelajaran adalah refleksi (cerminan) pemahaman dan kemajuan sikap peserta didik secara individual.
2. Cakupan Penilaian Kurikulum 2013 SMP dan yang Lain
Kurikulum 2013 membagi kompetensi sikap menjadi dua, yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang beriman dan bertakwa, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya interaksi vertikal dengan Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan harmoni kehidupan.
Pada jenjang SMK/MAK, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya dan KI 2: menghayati dan mengamalkan perilaku perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KD pada KI-1: aspek sikap spiritual (untuk matapelajaran tertentu bersifat generik, artinya berlaku untuk seluruh materi pokok). Sedangkan KD pada KI-2: aspek sikap sosial (untuk matapelajaran tertentu bersifat relatif generik, namun beberapa materi pokok tertentu ada KD pada KI-3 yang berbeda dengan KD lain pada KI-2). Guru dapat menambahkan sikap-sikap tersebut menjadi perluasan cakupan penilaian sikap. Perluasan cakupan penilaian sikap didasarkan pada karakterisitik KD pada KI-1 dan KI-2 setiap matapelajaran.
3. Perumusan Indikator dan Contoh Indikator Penilaian Kurikulum 2013 SMP dan Lainya
Penilaian Kurikulum 2013 SMP, Acuan penilaian adalah indikator, karena indikator merupakan tanda tercapainya suatu kompetensi. Indikator harus terukur. Dalam konteks Penilaian Sikap, indikator merupakan tanda-tanda yang dimunculkan oleh peserta didik, yang dapat diamati atau diobservasi oleh guru sebagai representasi dari sikap yang dinilai.
Download yang lainya :
- RPP_SD_Kurikulum_2013_kelas_1_2_3_4_5_6.pdf NEW
- Silabus Integrasi KURIKULUM 2013 SD Kelas 1.doc NEW
- Program Tahunan KURIKULUM 2013 SD Kelas 1.doc NEW
- Modul PKB TK 2017 KK-C.pdf
- Program Semester KURIKULUM 2013 SD Kelas 1.doc
- LATIHAN SOAL UKK TEMA 5 Kelas 3 Kurikulum 2013pdf
- RPP SMP_BHS IND.doc
- Materi pengenalan kurikulum 2013.docx
- Modul PKB SD Kelas Tinggi KK-C (2017).pdf NEW
- rpp-bahasa-indo.pdf
- manajemen-kepemimpinan-sekolah-2.pdfNEW