Rabu, 02 Agustus 2017

DOWLOAD Konsep Kriteria Sekolah Unggulan Aman Untuk Anak

ekolah, kriteria sekolah unggulan diperlukan pengelolaan sekolah sesuai kondisi dan situasi tempat sekolah tersebut diselenggarakan. Untuk pengelolaan sekolah, seorang kepala sekolah atau pemimpin harus memberi perhatian terhadap aspek informal, aspek simbolik, dan aspek yang tidak tampak dari kehidupan sekolah yang telah membentuk keyakinan dan tindakan tiap warga sekolah. Kepala sekolah mempunyai tugas dalam menciptakan atau membentuk dan mendukung kultur untuk menguatkan sikap efektif dalam segala hal yang dikerjakan di sekolah. Salah satu cita-cita nasional yang harus diperjuangkan oleh bangsa Indonesia adalah menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas diperlukan manajemen pendidikan yang dapat memobilisasi segala sumber daya pendidikan.

kriteria sekolah unggulan aman untuk anak



Pengertian Kriteria Sekolah Unggulan



Sekolah sebagai wadah pembentukan dan penumbuhan karakter siswa maka suasana dan kondisi sekolah yang nyaman, bersih, rapih, dan aman sangat penting dalam menunjang terwujudnya sekolah yang menyenangkan. 


Suasana dan kondisi tersebut menjadi tugas dan tanggungjawab semua komponen di lingkungan sekolah. 

Pda saat sedang banyak kerisauan di masyarakat terkait beberapa asumsi yang menyatakan bahwa “sekolah bukan lagi tempat yang aman bagi anak”, dan juga koreksikoreksi beberapa pemerhati pendidikan bahwa sekolah adalah “penjara” bagi anak itu tidak lah benar.


Kultur Sekolah  Unggulan Yang Menyenangkan



Kultur sekolah adalah kualitas kehidupan yang mewujud dalam aturan-aturan atau norma, tata kerja, kebiasaan kerja, gaya kepemimpinan seorang pemimpin maupun anggota yang ada di sekolah. Kriteria sekolah unggulan dapat dipahami dari dua sisi yaitu:


Uraian sekolah unggulan

 

  • Sisi batiniah, dari sisi kultur sekolah adalah nilai, prinsip, semangat, dan keyakinan yang dianut oleh sekolah; dan
  • Kultur lahiriah adalah aturan, prosedur, yang mengatur hubungan anggota sekolah baik formal dan informal

  kriteria sekolah unggulan endra supriyanto