Senin, 27 Mei 2019

Soal Tes Potensi Akademik Lengkap Dengan Jawaban

Soal Tes Potensi Akademik Lengkap Dengan Jawaban

Soal Tes Potensi Akademik Lengkap Dengan Jawaban- Tes Potensi Akademik yaitu tes untuk mengetahui bakat serta kemampuan seseorang dalam bidang keilmuan (akademik). Hasil tes potensi akademik juga bisa menjadi tolak ukur kemampuan berkomunikasi dan bernalar calon mahasiswa atau calon pegawai/ karyawan.

TPA merupakan salah satu jenis tes yang seringkali dianggap berat bagi sebagian besar orang. Terbukti, banyak orang yang gagal melewati TPA dengan skor yang memuaskan. Banyak juga orang di luar sana yang tidak lolos seleksi entah kerja atau kuliah karena gagal mengerjakan TPA.
Soal Tes Potensi Aademik Lengkap Dengan Jawaban
Soal Tes Potensi Akademik Lengkap Dengan Jawaban
Mungkin banyak orang sudah tahu apa itu TPA namun tidak tahu jenis-jenis soal TPA yang harus dihadapi. Kali ini, Kamu akan diajak akan membahas apa saja jenis soal TPA dan apa fungsinya. Berikut adalah jenis-jenis soal Tes Potensi Akademik (TPA) yang perlu Kamu ketahui :

1.Tes Kemampuan Verbal
Tes yang pertama adalah tes kemampuan verbal. Di bagian tes ini Kamu akan diuji sejauh apa Kamu menguasai perbendaharaan kata. Kamu juga harus bisa memahami sebuah bacaan dan bisa memahami arti kata-kata tertentu. Tes ini dibagi menjadi tes sinonim, antonim, analogi, dan perbendaharaan kata.

2.Tes Kemampuan Numerik
Tes yang satu ini merupakan jenis tes yang menguji kemampuan matematika dasar Kamu. Tes ini dilakukan untuk mengetahui sejauh apa Kamu bisa berpikir logis dan berpikir secara terstruktur. Tes ini memiliki beberapa bagian seperti tes deret bilangan, matematika berpola, aritmatika dasar, logika matematika.

3.Tes Kemampuan Penalaran
Tes kemampuan penalaran dilakukan untuk mengukur kemampuan seseorang berpikir secara logis. Tes ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan seseorang mengidentifikasi masalah kemudian mencari solusi yang tepat. Tes ini dibagi menjadi tes penalaran logis dan penalaran analitis.

4.Tes Kemampuan Visual Spasial
Berikutnya, Kamu harus mengikuti tes kemampuan visual spasial. Tes yang satu ini adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan nalar seseorang. Tes ini terbagi menjadi beberapa jenis yaitu tes perbedaan gambar, pencerminan, jaring-jaring, dan persepsi gambar.

Berikut ini kami bagikan Contoh Soal tes Potensi Akademik secara lengkap dengan pembahasannya yang bisa digunakan oleh bapak/ibu guru yang akan mengikuti kegiatan pretes PPG sertifikasi Guru.

Berikut ini kami bagikan Contoh Soal dan Pembahasan Tes Potensi Akademik yang bisa dijadikan sebagai bahan pemeblajaran emnghadapi pretes PPG tahun 2019 untuk semua jenjang guru.
  1. Tes Deret Angka 
  2. Tes Padanan Kata Atau Analogi 
  3. Tes Penalaran Logis atau Silogisme
  4. Kunci Jawaban Tes Aritmatika Geometri dan Penalaran Analitis
  5. Tes Persamaan Kata atau Sinonim
  6. Pembahasan Penalaran silogisme 
  7. Kunci Jawaban Tes Padanan Kata atau Analogi 
  8. Kunci Jawaban Tes Penalaran Logis atau Silogisme 
  9. TES Aritmatika geometri dan penalaran analitis
  10. Tes lawan Kata atau Antonim
  11. Kunci Jawaban Tes Deret Angka atau hitung
  12. Kunci Jawaban Tes Persamaan Kata atau Sinonim
  13. Kunci Jawaban Tes Lawan Kata atau Antonim
Demikian materi seputar Contoh Soal Tes Potensi Akademik Lengkap Dengan Pembahasannya yang dapat kami bagikan pada kesempatan malam ini.Semoga bermanfata serta sesuai dengan harapan bapak/ibu guru sekalian.