Selasa, 09 Juli 2019

Soal dan Jawaban Formatif Modul 1 KB 4 Guru Kelas SD


Soal dan Jawaban  Formatif  Modul 1 KB 4 Guru Kelas SD 

1.      Menurut Kurikulum 2013 ranah yang paling banyak diajarkan untuk siswa SD adalah …..
A.       Keterampilan
B.        Sikap
C.        Pengetahuan
D.       Pengetahaun yang seimbangdenganketerampilan.

2.      Yang merupakanpenguatantatakeloladalamkurikulum 2013 adalah …..
A.       Sekolahmemiliki full authority dan responsibility dalammenetapkankurikulum
B.        Pemberdayaansekolahdansatuanpendidikandenganmemberikanotonomi yang lebihbesar
C.        Satuanpendidikandan guru diberikankewenanganmenyusunsilabus
D. Satuanpendidikandan guru tidakdiberikankewenanganmenyusunsilabus, tetapidisusunpadatingkatnasional
Soal dan Jawaban  Formatif  Modul 1 KB 4 Guru Kelas SD 

3.      Pendekatansaintifikuntukkomponenmengamatidalampembelajarantematik …..
A.    Pesertadidikmendengarkansuara – suarahewan
B.     Pesertadidikmembandingkanhewanpeliharaandengan hewan liar
C.     Pesertadidik mengidentifikasijenishewan peliharaan
D.    pesertadidikberceritatentanghewanpeliharaannya
Pembelajarantepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik disebut…..

A.    Model Pembelajaran
B.     PembelajaranBermakna
C.     TematikTerpadu
D.    PembelajaranTerpadu

5. KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan ko petensi dasar yang dikembangkan BSNP. TujuanUmum KTSP adalah …..
A.    Memberi ide tentang pengembangan kurikulum yang diletakan pada posisi yang paling dekat dengan pembelajaran, yakni sekolah dan satuan pendidikan.
B.     Sekolahdankomitesekolahmengembangkankurikulumtingkatsatuanpendidikandansilabusnyaberdasarkankerangkadasarkurikulumdanstandarkompetensilulusan
C. Menciptakan paradigm baru pengembangan kurikulum, yang otonomi luas pada setiap satuan pendidikan, dan pelibatan pendidikan masyarakat dalam rangka mengefektifkan proses belajar-mengajar di sekolah.
D.    Memandirikandanmemberdayakansatuanpendidikanmelaluipemberiankewenangan (otonomi) kepadalembagapendidikandanmendorongsekolahuntukmelakukanpengambilankeputusansecarapartisipatifdalampengembangankurikulum.
6.       Model Pembelajaran yang menekankanpadaditemukannyakonsepatauprinsip yang sebelumnyatidakdiketahui, masalah yang diperhadapkankepadapesertadidiksemacammasalah yang direkayasa oleh guru adalah model….
A.    Discovery Learning
B.     Learning by Doing
C.     Project Base Learning
D.    Problem Base Learning
7.      Pembelajaran yang mengembangkanpengetahuan, kemampuanberpikirdanketerampilanmenggunakanpengetahuanpesertadidikmelaluiinteraksilangsungdengansumberbelajar yang dirancangdalamsilabusdan RPP, adalahkonsepdari …..
A.    PembelajaranInteraktif
B.     PembelajaranTidakLangsung
C.     Pembelajarantematik
D.    PembelajaranLangsung
8.      Dalamperjalanansejarahsejaktahun 1945, kurikulumpendidikan di Indonesia telahmengalamibeberapaperubahandanpenyempurnaan, Kurikulum yang lahirtahun 2004 disebut juga dengan …..
A.    KurikulumBerbasisKompetensi/ KBK
B.     KurikulumRencanaPendidikan
C.     KurikulumRencanaPelajaranTerurai
D.    Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan/ KTSP

9. Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan KD Mendeskripsikan perkembangan makhluk hidup  adalah …..
A.    Siswamenyebutkanjenis-jenispenyerbukanpadatumbuhan
B.     Siswamembuat poster tentangbagian-bagianbunga
C.     Siswamembuatlaporanpengamatanperkembangbiakantumbuhan
D.    Siswamenceritakanperkembangbiakantumbuhan
10. Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk membuat kategori, mengasosiasi atau menghubungkan fenomena/informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan menyimpulkan, Merupakan kegiatan dalam pendekatan saintifik berupa …..
A.    mengamati (observing)
B.     mengomunikasikan (communicating)
C.     mengasosiasi/mengolahInformasi (associating)
D.    mengumpulkaninformasi/mencoba (experimenting)