Soal dan Jawaban Formatif Modul 1 KB 4 Guru Kelas SD
1.
Menurut Kurikulum
2013 ranah yang paling banyak diajarkan untuk siswa SD adalah …..
A.
Keterampilan
B.
Sikap
C.
Pengetahuan
D.
Pengetahaun yang
seimbangdenganketerampilan.
2.
Yang
merupakanpenguatantatakeloladalamkurikulum 2013 adalah …..
A.
Sekolahmemiliki full
authority dan responsibility dalammenetapkankurikulum
B.
Pemberdayaansekolahdansatuanpendidikandenganmemberikanotonomi
yang lebihbesar
C.
Satuanpendidikandan
guru diberikankewenanganmenyusunsilabus
D. Satuanpendidikandan
guru tidakdiberikankewenanganmenyusunsilabus, tetapidisusunpadatingkatnasional
Soal dan Jawaban Formatif Modul 1 KB 4 Guru Kelas SD |
3.
Pendekatansaintifikuntukkomponenmengamatidalampembelajarantematik
…..
A.
Pesertadidikmendengarkansuara
– suarahewan
B.
Pesertadidikmembandingkanhewanpeliharaandengan
hewan liar
C.
Pesertadidik
mengidentifikasijenishewan peliharaan
D.
pesertadidikberceritatentanghewanpeliharaannya
4 Pembelajarantepadu
yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik
disebut…..
A.
Model Pembelajaran
B.
PembelajaranBermakna
C.
TematikTerpadu
D.
PembelajaranTerpadu
5. KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun,
dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan ko petensi dasar
yang dikembangkan BSNP. TujuanUmum KTSP adalah …..
A.
Memberi ide
tentang pengembangan kurikulum yang diletakan pada posisi yang paling
dekat dengan pembelajaran, yakni sekolah dan satuan pendidikan.
B.
Sekolahdankomitesekolahmengembangkankurikulumtingkatsatuanpendidikandansilabusnyaberdasarkankerangkadasarkurikulumdanstandarkompetensilulusan
C. Menciptakan paradigm
baru pengembangan kurikulum, yang otonomi luas pada setiap satuan pendidikan,
dan pelibatan pendidikan masyarakat dalam rangka mengefektifkan proses
belajar-mengajar di sekolah.
D.
Memandirikandanmemberdayakansatuanpendidikanmelaluipemberiankewenangan
(otonomi) kepadalembagapendidikandanmendorongsekolahuntukmelakukanpengambilankeputusansecarapartisipatifdalampengembangankurikulum.
6.
Model Pembelajaran yang
menekankanpadaditemukannyakonsepatauprinsip yang sebelumnyatidakdiketahui,
masalah yang diperhadapkankepadapesertadidiksemacammasalah yang direkayasa oleh
guru adalah model….
A.
Discovery
Learning
B.
Learning by Doing
C.
Project Base
Learning
D.
Problem Base
Learning
7.
Pembelajaran yang
mengembangkanpengetahuan, kemampuanberpikirdanketerampilanmenggunakanpengetahuanpesertadidikmelaluiinteraksilangsungdengansumberbelajar
yang dirancangdalamsilabusdan RPP, adalahkonsepdari …..
A.
PembelajaranInteraktif
B.
PembelajaranTidakLangsung
C.
Pembelajarantematik
D.
PembelajaranLangsung
8.
Dalamperjalanansejarahsejaktahun
1945, kurikulumpendidikan di Indonesia
telahmengalamibeberapaperubahandanpenyempurnaan, Kurikulum yang lahirtahun 2004
disebut juga dengan …..
A.
KurikulumBerbasisKompetensi/
KBK
B.
KurikulumRencanaPendidikan
C.
KurikulumRencanaPelajaranTerurai
D.
Kurikulum Tingkat
SatuanPendidikan/ KTSP
9. Kegiatan pembelajaran
yang sesuai dengan KD Mendeskripsikan perkembangan makhluk hidup adalah …..
A.
Siswamenyebutkanjenis-jenispenyerbukanpadatumbuhan
B.
Siswamembuat poster
tentangbagian-bagianbunga
C.
Siswamembuatlaporanpengamatanperkembangbiakantumbuhan
D.
Siswamenceritakanperkembangbiakantumbuhan
10. Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan, menganalisis
data dalam bentuk membuat kategori,
mengasosiasi atau menghubungkan fenomena/informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola,
dan menyimpulkan, Merupakan kegiatan dalam pendekatan saintifik berupa …..
A.
mengamati
(observing)
B.
mengomunikasikan
(communicating)
C.
mengasosiasi/mengolahInformasi
(associating)
D.
mengumpulkaninformasi/mencoba
(experimenting)