Kamis, 26 Desember 2019

Download Kisi-kisi Ujian Nasional SMK/MAK Tahun Pelajaran 2019/2020

Download Kisi-kisi Ujian Nasional SMK/MAK Tahun Pelajaran 2019/2020

Kisi-kisi ujian nasional menempati posisi yang sangat penting dalam rangka mempersiapkan ujian nasional karena ia berisi pedoman dasar dalam membuat materi ujian. Pedoman dasar tersebut kemudian membentuk sebuah "pagar" yang membatasi materi mana yang akan diujikan dan materi mana yang tidak akan diujikan. 


Dengan membaca kisi-kisi, para guru dapat mengintensifkan pembelajaran dengan berfokus pada materi-materi yang akan diujikan. Para peserta didik juga dapat belajar dengan lebih fokus pada materi-materi yang terdapat pada kisi-kisi. Wali peserta didik dapat pula berperan serta dalam mengarahkan pembelajaran. Dengan demikian, kisi-kisi diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas belajar peserta didik dalam rangka menghadapi ujian.
Download Kisi-kisi UN SMK/MAK Tahun Pelajaran 2019/2020
Download Kisi-kisi UN SMK/MAK Tahun Pelajaran 2019/2020


Efisiensi dalam belajar dengan menggunakan kisi-kisi sebagai pedoman dasar belajar dapat mendorong guru dan peserta didik untuk menghemat waktu dan tenaga untuk berfokus pada materi-materi yang ada dalam kisi-kisi. Efektivitas dalam belajar dengan menggunakan kisi-kisi dapat diwujudkan dengan adanya asumsi bahwa fokus pada hal yang dipelajari sesuai dengan pedoman kisi-kisi dapat meningkatkan kinerja belajar yang diwujudkan dalam perolehan nilai ujian yang optimal.



Kisi-kisi Ujian Nasional SMK/MAK Tahun Pelajaran 2019/2020 ini mencakup tiga mata pelajaran yang terdiri atas Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Adapun untuk mapel matematika terdiri atas tiga segmen, yaitu matematika teknik, akuntansi, dan pariwisata.



Berikut adalah kutipan dari Kisi-kisi Ujian Nasional SMK/MAK Tahun Pelajaran 2019/2020.



Mapel Bahasa Indonesia



Level KognitifLingkup Materi
Membaca NonsastraMembaca SastraMenulis TerbatasMenyunting Kata/Istilah, Frasa, Kalimat, dan ParagrafMenyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan dan Pemahaman Mengidentifikasi Memaknai MenentukanPeserta didik dapat memaknai istilah/kataPeserta didik dapat- menentukan kata yang bermakna konotatif/kias dalam karya sastra- menentukan majas dalam karya sastra- mengidentifikasi unsur karya sastraPeserta didik dapat melengkapi dengan kata/istilah yang tepat sesuai konteksPeserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi- mengidentifikasikesalahan penggunaan kalimatPeserta didik dapat-  mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan-  mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Aplikasi Menangkap informasi eksplisit Menginterpretasikan Menangkap informasi implisit MenggunakanPeserta didik dapat-  menemukan ide pokok-  menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra (tujuan,maksud kalimat,pandangan penulis, keberpihakan, sebab-akibat)-  menemukan inti kalimatPeserta didik dapat-  menentukan isi tersurat dalam karya sastra-  menyimpulkan isi tersirat dalam karya sastraPeserta didik dapat- melengkapi unsur teks (eksposisi, negosiasi, deskripsi, biografi)- melengkapi unsur karya sastra lama (pantun)- melengkapi unsur ulasan- melengkapi unsur teksprosedur (langkah)Peserta didik dapat- menggunakan istilah dalam kalimat- menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)- menggunakan kalimat (mengisi kalimat yang sesuai)Peserta didik dapat-  menggunakan ejaan-  menggunakan tanda baca


Mapel Bahasa Inggris


Level KognitifLingkup Materi
Fungsi SosialStruktur TeksUnsur Kebahasaan
Pengetahuan danPemahaman MengidentifikasiPeserta didik dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial:- topik/isu/masalah- tujuan/fungsi/pesan- latar belakang/alasan- akibat/dampak/manfaat- sikap/nilai yang diusung- peran dan fungsi pembicara/penulis- peran dan fungsi pendengar/pembaca- konteks penggunaan (a.l. tempat,waktu, situasi, dsb)Peserta didik dapat mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama- rincian argumentasi, langkah- langkah, peristiwa, deskripsi- plot, alur pikiranPeserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:- persamaan kata, makna frasa, makna idiom- word order- article, demonstrative, possessivepronoun- agreement dan number- tenses- passive voice- referensi gramatika- kata sambung- preposisi- referensi makna
Aplikasi   Membandingkan   Mengklasifikasi   MenjelaskanPeserta didik dapat membandingkan mengklasifikasi, menjelaskan aspek- aspek fungsi sosial:- topik/isu/masalah- tujuan/fungsi/pesan- latar belakang/alasan- akibat/dampak/manfaat- sikap/nilai yang diusung- peran dan fungsi pembicara/penulis- peran dan fungsi pendengar/pembaca- konteks penggunaan (a.l. tempat,waktu, situasi, dsb)Peserta didik dapat membandingkan. mengklasifikasi, menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama- rincian argumentasi, langkah- langkah, peristiwa, deskripsi- plot, alur pikiranPeserta didik dapat membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:- persamaan kata, makna frasa, makna idiom- word order- article, demonstrative, possessivepronoun- agreement dan number- tenses- passive voice- referensi gramatika- kata sambung


Mapel Matematika Teknik


Level KognitifLingkup Materi
AljabarGeometri dan TrigonometriStatistika dan peluangKalkulus
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menjelaskan Memberi contoh Menghitung MembacaPeserta didik dapat memahami dan menguasai konsep:- pangkat, bentuk akar,  logaritma- sifat dan operasi matriks- sistem persamaan linier duavariabel- persamaan kuadrat- fungsi kuadrat- logika matematika(pernyataan,negasi, pernyataan majemuk,penarikan kesimpulan)- barisan dan deret (aritmetika dan geometri)- program linearPeserta didik dapat memahami dan menguasai konsep:- perbandingan trigonometri- unsur-unsur bangun ruang- hubungan antara unsur bangunruang- transformasi geometri- koordinat kutub dan katesiusPeserta didik dapat memahami dan menguasai konsep:- penyajian data dalam tabeldan diagram- ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran- peluang kejadian, kaidah pencacahan dan frekuensi harapanPeserta didik dapat memahami dan menguasai tentang grafik fungsi dan sifat-sifatnya yang meliputi:- limit fungsi- turunan fungsi- integral- garis singgung
 Aplikasi
 Mengklasifikasi
 Menyelesaikan masalah
 Menentukan
 Menerapkan Memprediks
i Mengoperasikan
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam:- hasil operasi matriks- determinan dan invers matriks- sistem persamaan linier duavariabel- persamaan kuadrat- fungsi kuadrat- barisan dan deret (aritmetikadan geometri)- program linear- logika matematika (pernyataan,negasi, pernyataan majemuk,Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam:- perbandingan trigonometri- aturan sinus, aturan cosinus,dan luas segitiga- transformasi geometri- jarak antar unsur bangun ruang- unsur dan persamaan lingkaranPeserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam:- ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran- aturan pencacahan- peluang kejadian- frekuensi harapan- penyajian data dalam tabel dan diagramPeserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam:- limit fungsi- turunan fungsi- integral tak tentu danintegral tentu- selang kemonotonan (fungsi naik dan fungsi turun)- garis singgung kurva


Mapel Matematika Akuntansi


Level KognitifLingkup Materi
AljabarGeometriStatistika dan peluang
Pengetahuan danPemahaman   Mengidentifikasi   Menghitung   Membedakan   Menjelaskan   Memberi contohPeserta didik dapat memahami dan menguasai tentang:- pangkat, bentuk akar, logaritma- operasi, determinan, dan invers matriks- sistem persamaan dan pertidaksamaanlinear 2 variabel- persamaan kuadrat- fungsi kuadrat- logika matematika(pernyataan, negasi,pernyataan majemuk, penarikankesimpulan)- barisan dan deret (aritmetika dangeometri)- program linearPeserta didik dapat memahami dan menguasai tentang transformasigeometriPeserta didik dapat memahami dan menguasai tentang:- pengertian statistik, statistika, populasi, dan sampel- penyajian data dalam tabel dan diagram- ukuran pemusatan- ukuran penyebaran- peluang kejadian- kaidah pencacahan- frekuensi harapan
Aplikasi   Menentukan   Menerapkan   Mengoperasikan   Menyelesaikan masalah   MengklasifikasiPeserta didik dapat mengaplikasikan tentang:- operasi, determinan, dan invers matriks- sistem persamaan dan pertidaksamaanlinear 2 variabel- persamaan kuadrat- fungsi kuadrat- logika matematika(pernyataan, negasi,pernyataam majemuk, penarikankesimpulan)- barisan dan deret (aritmetika dangeometri)- program linearPeserta didik dapat mengaplikasikan tentang transformasi geometriPeserta didik dapat mengaplikasikan tentang:- ukuran pemusatan- ukuran penyebaran- peluang kejadian- kaidah pencacahan- frekuensi harapan


Mapel Matematika Pariwisata


Level KognitifLingkup Materi
AljabarGeometri dan TrigonometriStatistika
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menyebutkan Mengubah Menjelaskan Membedakan Memberi contoh Menghitung MenunjukkanPeserta didik dapat memahami tentang:-   operasi bilangan bentuk pangkat, bentuk akar, dan logaritma-   persamaan kuadrat-   sistem persamaan danpertidaksamaan linear dua variabel-   operasi matriks-   program linear-   barisan dan deret (aritmetika dangeometri)Peserta didik dapat memahami tentang:- transformasi suatu titik atau bangun datar- perbandingan trigonometri pada segitigasiku-siku- konversi koordinat kartesius dan koordinat kutubPeserta didik dapat memahami tentang:- pengertian statistik, populasi, dan sampel- penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram- ukuran pemusatan- ukuran penyebaran
Aplikasi
   Menentukan
   Menerapkan   Menyelesaikan masalah
   Mengkonstruksi
   Mengklasifikasi
   Mengoperasikan
Peserta didik dapat mengaplikasikan tentang:-   operasi bilangan bentuk pangkat, bentuk akar, dan logaritma-   persamaan kuadrat-   sistem persamaan danpertidaksamaan linear dua variabel-   operasi matriks-   program linear-   barisan dan deret (aritmetika dangeometri)Peserta didik dapat mengaplikasikan tentang:- perbandingan trigonometri- transformasi suatu titik atau bangun datar- konversi koordinat kartesius dankoordinat kutubPeserta didik dapat mengaplikasikan penyajian tentang:- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik- ukuran pemusatan- ukuran penyebaran
Penalaran
Menganalisis   Menginterpretasi   Membandingkan
   Mengevaluasi
   Merumuskan   Menyimpulkan
Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:-   pangkat, bentuk akar dan logaritma-   program linear-   barisan dan deret (aritmetika dangeometri)-   persamaan kuadratPeserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:- perbandingan trigonometri- transformasi geometriPeserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan:-    penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik-    ukuran pemusatan-    ukuran penyebaran

Selengkapnya mengenai Kisi-kisi UN SMK/MAK Tahun Pelajaran 2019/2020 bisa di unduh melalui link di bawah ini:

atau


Demikian materi terkait dengan Kisi-kisi UN SMK/MAK Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dapat kami bagikan pada kesempatan malam ini.Semoga bermanfaat dan sesuai dengan harapan bapak/ibu guru di sekolah/madrasah.