Jumat, 06 Maret 2020

Aplikasi Cetak Kartu NRG Guru Format Excel

Aplikasi Cetak Kartu NRG Guru Format Excel

NRG adalah Nomor Registrasi Guru yang merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan Tunjangan Profesi Guru. Buat bapak / ibu guru yang sudah memegang sertifikat pendidik apa masih ada yang belum tau NRG nya?

Kalo belum tau mungkin bisa di tanyakan ke Dinas Pendidikan Kab/Kota masing-masing, tp lebih mantapnya bisa ditanyakan ke PUSBANGPRODIK di Kemdikbud di Senayan Jakarta sambil meminta Lembar Pengesahan NRG. Nah lembar pengesahan ini lah bukti otentik kepemilikan NUPTK dan NRG yang di akui oleh kemendikbud.

Pada kesempatan ini,kami akan berbagi sebuah aplikasi untuk mencetak kartu NRG bagi guru yang sudah menerima sertifikat pendidik guna pengajuan tunjangan profesi guru tahun ini.

Aplikasi cetak kartu NRG ini sebenarnya berbasis Ms. Excel yang dikembangkan oleh Bapak Ishak S, S. Pd. Aplikasi ini sangat mudah dioperasikan, karena menu-menu yang ada di dalamnya sangat sederhana serta sudah disediakan barcode, edit stempel dan insert foto. Bapak/ Ibu dapat mengunduh atau mendownload aplikasi tersebut secara gratis pada link bagian akhir postingan ini.

Berikut tampilan menu pada aplikasi ini :

1. Edit Profil Sekolah


2. Input Database Guru


3. Edit Stempel


4. Edit Foto


5. Cetak Kartu


Pada saat penggunaan atau membuka pertama kali file aplikasi ini, mungkin akan timbul notifikasi untuk mengaktifkan macro. Bapak/ Ibu tidak perlu khawatir, tinggal klik saja tulisan "Enable Editing" dan "Enable Content" seperti gambar berikut:



Adapun untuk mengganti foto yang ada di aplikasi ini dengan foto Bapak/ Ibu inginkan, terlebih dahulu pilih menu "Edit Foto", kemudian klik "kanan" pada foto yang ada, kemudian pilih "Change Picture" dan cari foto Bapak/ Ibu yang tersimpan di laptop/ PC. Selanjutnya, atur ukuran (size) foto tersebut sesuai dengan ukuran kolom yang tersedia. Perhatikan gambar berikut:


Sebelum Bapak/ Ibu melakukan pencetakan kartu NRG, agar barcode dapat ditampilkan pada aplikasi ini. Bapak/ Ibu disarankan untuk mengunduh atau mendownload file font "ConnectCode39terlebih dahuluDalam hal ini, kami sudah menyediakan link untuk mengunduh jenis font tersebut pada bagian akhir postingan ini. Adapun cara menginstall font "ConnectCode39yaitu copy dan paste-kan  font "ConnectCode39" tersebut ke Local C (System): Windows\Fonts. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut:







Setelah semua data selesai dientrykan (input) selesai dengan benar, maka langkah terakhir yaitu pencetakan kartu NRG. Untuk melakukan pencetakan kartu, silakan Bapak/ Ibu pilih menu "Cetak Kartu". Kemudian klik ikon "navigasi" yang ada di aplikasi ini untuk memilih data-data guru yang ingin dicetakkan kartu NRGnya. Perhatikan gambar berikut :


Selanjutnya, tekan tombol "Ctrl+P" pada laptop/ PC atau menu "File" dan pilih "Print" untuk mencetak. Selesai.
  • Link unduhan Font ConnectCode39 (Barcode)        :   (Klik Disini)
  • Link unduhan Aplikasi Cetak NRG Kemendikbud   :   (Klik Disini)
  • Link unduhan Aplikasi Cetak NRG Kemenag          :   (Klik Disini)
Demikian, postingan kami pada kesempatan ini. Akhir kata "Semoga apa yang kita lakukan, bermanfaat bagi kita semua". Terima kasih dan selamat mencoba.