Setiap tahun ajaran baru, proses pembelajaran di lingkungan Madrasah pada semua jenjang, mulai dari tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyyah (MI) sampai dengan Madrasah Aliyah (MA) selalu diawali dengan masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan Madrasah kepada peserta didik baru. Kegiatan ini biasanya dikenal dengan istilah “Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA)”.
Melalui kegiatan inilah, para peserta didik baru akan dikenalkan mengenai sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah. Sehingga keberadaan dari MATSAMA ini akan turut menentukan berhasil atau tidaknya seluruh proses pembelajaran di Madrasah pada masa selanjutnya.
Untuk itulah, seluruh rangkaian kegiatan MATSAMA harus lebih bersifat edukatif, mampu menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kepada para peserta didik. Sehingga dalam pelaksanaannya, seluruh kegiatan Matsama harus mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para peserta didik baru. Sebagaimana tercantum dalam pedoman penyelenggaran pendidikan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan sekolah Bagi Siswa baru.
Selain itu, kegiatan MATSAMA ini tidak lepas dari visi dan misi Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, yaitu mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akal, tetapi juga matang secara spiritual dan berkarakter keIndonesia-an.Sebagai bentuk ejawantah dari visi Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dalam periode pemerintahan 2019-2024 yang menitikberatkan pada pembangunan Sumber Daya Manusia Indonesia.
Namun demikian, karena tahun ajaran baru 2021/2022 bangsa Indonesia masih berada pada nuansa Pandemi Covid-19, maka pola pelaksanaan kegiatan MATSAMA pun harus menyesuaikan dengan standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Meskipun, secara substansi, kegiatan tujuan dan visi dari kegiatan MATSAMA ini tetap mengarah pada tujuan awalnya.
Tujuan dari kegiatan MATSAMA diantaranya adalah sebagai berikut:
- Mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter khusus madrasah kepada para peserta didik baru, agar selama proses pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan nyaman bagi mereka untuk mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuannya.
- Menumbuhkan kultur dan jiwa bangga kepada para peserta didik baru untuk belajar bersama dan mencintai serta menjaga nama baik almaternya
- Menanamkan dan memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan karakter keIndonesia-an kepada para peserta didik baru.
Konten Materi MATSAMA 2021/2022:
I. Materi Umum
1. Kemadrasahan:
a. Sejarah
b. Tata Tertib
c. Struktur, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
d. Peserta Didik
e. Jurusan/Konsentrasi
f. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM):
1) Metode/Model Pembelajaran
2) Kegiatan rutin (belajar mengajar)
g. Kegiatan dan organisasi kesiswaan.
h. Prestasi dan Alumni
2. Karakter moderasi beragama dan kebangsaan (Mengacu pada buku modul
“Membangun Karakter Moderat” :
a. Raudhatul Athfal:
1) Toleransi
2) Akhlakul Karimah
b. Madrasah Ibtidaiyah
1) Keragaman
2) Prinsip Kemajemukan
c. Madrasah Tsanawiyah:
1) Kesetaraan
2) Anti Diskriminasi
d. Madrasah Aliyah:
1) Ukhuwwah Islamiyah
2) Ukhuwwah Basyariyyah
3) Ukhuwwah Wathoniyah
4) Bernalar Kritis
5) Berjiwa Kompetitif
II. Materi Khusus
Mengikuti kebijakan masing-masing wilayah dan madrasah sesuai dengan
pengembangan kekhususan dan keunikan madrasah. Beberapa aspek
kekhususan dan keunikan di madrasah antara lain:
1. Program Robotik di Madrasah
2. Program Riset di Madrasah
3. Program Keterampilan di Madrasah
4. Lain-lainnya sesuai dengan madrasah masing-masing
Contoh Materi dan Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Matsama Secara tata muka dan Daring bisa Unduh Di Sini