Pendidikan sejatinya dapat mengantarkan murid untuk keselamatan dan kebahagiaan.Dalam konsep belajar menurut KHD (2009), “pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya”.
Ki Hadjar menjelaskan bahwa tujuan pendidikan yaitu menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Oleh sebab itu, pendidik itu hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak”.
Namun tetap memperhatikan kodrat zaman dalam pengembangan kodrat alam seorang anak. Dengan kata lain seorang anak diharapkan mampu tumbuh dengan baik di zaman millennial ini namun tidak juga tercabut dari akar kebudayaannya.
1. Dalam menilai pemahaman murid, pendidik sebaiknya…..
a. Menggunakan alat pengukuran lalu menyimpulkannya
b. Menggunakan alat pengukuran dengan melibatkan murid untuk merefleksikan pemahaman dari pengalaman belajarnya.
c. Menggunakan alat pengukuran yang dibuat oleh murid.
d. Menggunakan alat pengukuran yang objektif dan dapat diukur dengan jelas.
2. Fungsi pendidikan akan berjalan sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh Ki Hadjar Dewantara jika kita sebagai pendidik memiliki beberapa pemahaman di bawah ini, kecuali?
a. Setiap murid memiliki kodrat.
b. Pendidikan hanyalah sebagai tuntunan
c. Mendidik adalah menuntun murid untuk selamat dan bahagia.
d. Pendidik dapat berkehendak atas kodrat kekuatan atau potensi murid.
3. Ing ngarso sung tulodo yang menjadi salah satu bagian dari “Sistem Among”, artinya…
a. di depan memberi teladan.
b. di tengah membangun kehendak.
c. di tengah membangun kehendak.
d. di samping menjadi teman.
4. Pada abad ke-21, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan kognitif yang kompleks, dan kemampuan sosial emosional menjadi sangat penting bagi murid maupun guru. Guru diharapkan menjadi contoh bagaimana bisa mengembangkan kemampuan tersebut pada dirinya untuk meneruskannya dalam membantu murid untuk menguasainya. Salah satu kompetensi mendasar yang menunjang penguasaan kemampuan tersebut adalah…
a. Kompetensi pedagogi
b. Kompetensi pengetahuan
c. Kompetensi sosial
d. Komptensi literasi.
5. Sesuai pesan Ki Hadjar Dewantara untuk menuntun murid sesuai jamannya, maka guru perlu menumbuhkan pola pikir pembelajar ataun growth mindset yang membuat murid…
a. memiliki keyakinan untuk dapat terus berkembang
b. mau mendalami hal-hal yang disukai saja
c. memiliki keterbukaan untuk berkomunikasi dengan guru-guru yang diinginkan saja
d. mengedepankan kebenaran pendapat pribadi.
6. Murid sebagai pusat pembelajaran sehingga dapat…
a. mengevaluasi dan merefleksikan proses dan capaian belajar.
b. melihat ke segala arah
c. menjadi pusat perhatian
d. memperoleh instruksi langsung dari banyak mata pelajaran.
7. Dalam perkembangan diri seorang anak, yang berkewajiban untuk menjadi teladan sebagai lingkungan terdekatnya adalah…
a. teman di sekolah
b. orang tua dan keluarga
c. masyarakat
d. guru
8. Di bawah ini adalah tiga wadah dasar proses pembentukan pendidikan murid (Tri Sentra Pendidikan) menurut Ki Hadjar Dewantara, kecuali …
a. keluarga
b. diri sendiri
c. pergerakan pemuda
d. perguruan