Perangkat Pembelajaran ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Tahun Ajaran 2023/2024
Pada kurikulum Merdeka, pendekatan pembelajaran yang dilakukan bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada guru dalam merancang proses pembelajaran yang menarik dan relevan bagi siswa. Alur tujuan pembelajaran kelas 4 dalam kurikulum Merdeka ditujukan untuk mengembangkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam berbagai mata pelajaran. Berikut adalah gambaran umum mengenai alur tujuan pembelajaran kelas 1 dalam kurikulum Merdeka.
Penentuan Tujuan Pembelajaran
Pada awal setiap pembelajaran, guru perlu menentukan tujuan pembelajaran yang spesifik dan terukur. Tujuan ini harus sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam kurikulum Merdeka untuk kelas 4. Tujuan pembelajaran harus mengacu pada pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang ingin dikembangkan pada siswa.
Penyampaian Tujuan Pembelajaran
Setelah tujuan pembelajaran ditentukan, guru perlu menyampaikan tujuan tersebut kepada siswa dengan jelas. Guru dapat menjelaskan mengapa tujuan tersebut penting dan bagaimana siswa akan diarahkan untuk mencapainya. Tujuan pembelajaran yang disampaikan secara terbuka kepada siswa dapat membantu mereka memahami arah pembelajaran dan memotivasi mereka untuk mencapai tujuan tersebut.
Pengenalan Konsep atau Materi Pembelajaran
Setelah tujuan pembelajaran disampaikan, guru dapat memulai pembelajaran dengan mengenalkan konsep atau materi yang relevan. Guru dapat menggunakan berbagai strategi pembelajaran, seperti cerita, gambar, video, atau demonstrasi, untuk membantu siswa memahami konsep atau materi yang akan dipelajari. Pengenalan konsep atau materi ini bertujuan untuk membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa serta membantu mereka membangun pengetahuan dasar.
Kegiatan Pembelajaran
Setelah siswa memiliki pemahaman dasar, guru dapat melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan pembelajaran yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dapat meliputi diskusi kelompok, eksperimen, penelitian, permainan peran, atau proyek kolaboratif. Melalui kegiatan ini, siswa akan aktif terlibat dalam memperdalam pemahaman mereka tentang konsep atau materi yang dipelajari serta mengembangkan keterampilan yang relevan.
Penilaian dan Umpan Balik
Selama dan setelah kegiatan pembelajaran, guru perlu melakukan penilaian formatif untuk memantau perkembangan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penilaian formatif dapat dilakukan melalui observasi, pertanyaan, tugas individu atau kelompok, atau portofolio siswa. Selain itu, guru juga perlu memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa untuk membantu mereka meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka.
Evaluasi dan Pemantauan Kemajuan
Pada akhir pembelajaran, guru perlu melakukan evaluasi sumatif untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran secara keseluruhan. Evaluasi ini dapat dilakukan melalui tes, proyek, atau penugasan yang mencerminkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil evaluasi ini akan memberikan gambaran tentang pemahaman dan keterampilan siswa serta memungkinkan guru untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran.
Refleksi dan Perbaikan
Setelah evaluasi, guru dan siswa dapat melakukan refleksi bersama untuk mengevaluasi proses pembelajaran dan pencapaian tujuan. Mereka dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pembelajaran serta menentukan langkah-langkah perbaikan untuk pembelajaran selanjutnya. Refleksi dan perbaikan kontinu akan membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dalam alur tujuan pembelajaran kelas 1 Kurikulum Merdeka, siswa diberikan kebebasan untuk belajar dengan cara yang menarik dan relevan bagi mereka. Guru memiliki peran penting dalam mengarahkan siswa menuju pencapaian tujuan pembelajaran melalui pengenalan konsep, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan umpan balik yang berkesinambungan. Dengan alur ini, diharapkan siswa dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan perkembangan mereka.
Berikut ini kami bagikan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024.
- ATP Bahasa Inggris Kelas 1 SDN 1 Asemrudung 1 (gurugrobogan.com)
- ATP Matematika Kelas 1 SDN 1 Asemrudung 1 (gurugrobogan.com)
- ATP Seni Teater Kelas 1 SDN 1 Asemrudung 1 (gurugrobogan.com)
- ATP PJOK Kelas 1 SDN 1 Asemrudung 1 (gurugrobogan.com)
- ATP Seni Rupa Kelas 1 SDN 1 Asemrudung 1 (gurugrobogan.com)
- ATP Seni Musik Kelas 1 SDN 1 Asemrudung 1 (gurugrobogan.com)
- ATP PPKn Kelas 1 SDN 1 Asemrudung 1 (gurugrobogan.com)
- ATP Bahasa Indonesia Kelas 1 SDN 1 Asemrudung 1 (gurugrobogan.com)
- ATP Seni Tari Kelas 1 SDN 1 Asemrudung 1 (gurugrobogan.com)
- ATP PABP Islam Kelas 1 SDN 1 Asemrudung 1 (gurugrobogan.com) Demikian materi terkait dengan Administrasi Alur Tujuan Pembelajaran(ATP) kelas 1 SD kurikulum Merdeka.Semoga bisa dijadikan sebagai sumber referensi bagi rekan guru sekalian.