Kamis, 07 Februari 2019

Indikator Kisi-Kisi USBN SD/MI Matematika Tahun 2019

Indikator Kisi-Kisi USBN SD/MI Matematika Tahun 2019

Indikator Kisi-Kisi USBN SD/MI Matematika Tahun 2019Pelajaran Matematika merupakan pelajaran yang disenangi oleh guru tetapi tidak disukai oleh peserta didik.Bagi siswa Pelajaran matematika masih dianggap sulit oleh kebanyakan siswa.Hal ini terbukti dengan pengerjaan soal-soal yang kita berikan kepada siswa hanya sebagian kecil yang bisa mengerjakan dengan benar.Terkadang juga kita memberikan waktu yang lama tetapi tidak juga selesai dikerjakan.Sebagian siswa masih kesuitan dalam pemahaman konsep serta sebagian siswa masih kurag teliti dalam menghitung.

Pada kegiatan USBN Tahun 2019 ini untuk pelajaran matematika tersedia 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.Waktu yang disedikan untuk mengerjakan 35 tersebut adalah 120 menit atau 2 jam.Dengan waktu 2 jam jika anak didik tidak bisa menguasai konsep materi kisi-kisi USBN maka akan kesulitan dalam mengerjakannya serta pastinya waktunya tidak cukup untuk mengerjakannya.

Pada tahun 2019 ini dari BSNP(Badan Standar Nasional Pendidikan) hanya mengeluarkan kisi-kisi berupa irisan.Pada kisi-kisi ini hanya terdapat lingkup materi,level kognitif yang meliputi 3 tingkatan.Level Kognitif tersebut antara lain; Level Pengetahuan dan pemahaman,Level Aplikasi, serta Level Penalaran.Jadi pada kisi-kisi yang dikeluarkan oleh BSNP tidak memuat indikator seperti kisi-kisi tahun sebelumnya.Oleh karena itu pada tahun 2019 ini tugas guru adalah membuat Indikator soal yang bersumber pada Irisan yang telah dikeluarkan oleh BSNP.
Indikator Kisi-Kisi USBN SD/MI Matematika Tahun 2019
Indikator Kisi-Kisi USBN SD/MI Matematika Tahun 2019
Misalkan saja pada USBN tahun 2019 mata pelajaran Matematika SD/MI,pada Irisan ada kolom level kognitif Pengetahuan dan Pemahaman terdapat mengidentifikasi ,lingkup materi bilangan,materi misalkan saja operasi hitung bilangan cacah.Dengan data tersebut kita di suruh untuk membuat indikator yang sesuai dengan level dan materi tersebut.Contoh indikator yang bisa buat adalah sebagai berikut:
  • Peserta didik dapat menentukan hasil  operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah(minimal empat angka)
contoh soal: 7.696 + 23.853 - 11.867 =....


Berikut ini kami bagikan  Indikator serta contoh soal Matematika USBN SD Tahun 2019 yang telah dijabarkan dari Kisi-Kisi USBN SD/MI tahun 2019 yang telah dikeluarkan oleh BSNP(Badan Standar Nasional pendidikan).Indikator matematika ini kami sajikan dalam bentuk power point dengan maksud untuk membantu anak didik dalam memahami konsep operasi hitung matematika dengan benar.Sehingga anak akan mudah paham serta dapat menguasai konsep dengan benar.


Langsung saja bagi rekan guru yang ingin mempelajari  Indikator Mata Pelajaran Matematika sesuai dengan kisi-kisi USBN SD/MI Tahun 2019 bisa unduh di bawah ini dalam format power point:

Indikator Kisi-Kisi USBN SD/MI Matematika Tahun 2019

Silahkan baca juga materi soal Ulangan Harian serta Media pembelajaran Matematika,IPA dan Bahasa Indonesia kelas 4,5 dan 6 di bawah ini:


  • Media Pembelajaran IPA tentang Bentuk Magnet dn kegunaanya
  • Media Pembelajaran IPA tentang Sistem peredaran darah
  • Media Pembelajaran IPA tentang Sistem Tata Surya
  • Media Pembelajaran IPA tentang Fotosintesis
  • Media Pembelajaran IPA tentang Arus listrik dan rangkaian Listrik
  • Media Pembelajaran IPA tentang alat pernafasan manusia dan hewan
  • Media Pembelajaran IPA tentang perubahan wujud benda
  • Media Pembelajaran IPA tentang Rangka manusia


  • Demikian materi terkait dengan Indikator Kisi-Kisi USBN SD/MI Matematika Tahun 2019 baik yang menggunakan kurikulum 2006 maupun Sekolah/madrasah yang melaksanakan Kurikulum 2013.Semoga dengan mempelajari indikator tersebut anak akan mudah dalam memahami konsep cara mengerjakan soal-soal USBN SD/MI tahun 2019.