Contoh Soal Guru Berprestasi Tahun 2020 Lengkap Dengan Jawaban
Guru berprestasi yaitu guru yang memiliki kinerja melampaui standar yang ditetapkan oleh satuan pendidikan, mencakup empat kompetensi yaitu paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional, menghasilkan karya inovatif yang diakui baik pada tingkat daerah, nasional dan atau internasional; dan secara langsung membimbing peserta didik hingga mencapai prestasi di bidang intrakurikuler dan/ atau ekstrakurikuler. Berdasarkan kriteria tersebut maka pelaksanaan lomba meliputi ke empat kompetensi tersebut yang dilakukan melalui tes tertulis, unjuk kerja, observasi, wawancara, portofolio dan presentasi karya ilmiah.
Adapun kriteria penilaian pada setiap kompetensi sbb:
Kompetensi paedagogik: tercermin dari tingkat pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
Kompetensi kepribadian: tercermin dari kemampuan personal, berupa kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, masyarakat dan berakhlak mulia.
Kompetensi sosial: tercermin dari kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.
Kompetensi profesional: tercermin dari tingkat penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.
Seleksi Guru Berprestasi dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat satuan pendidikan, Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi, hingga tingkat nasional.
Pemilihan Guru Berprestasi diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi dan menumbuhkan keteladanan guru di Indonesia.
Peningkatan kompetensi ini diharapkan akan berdampak positif terhadap karier guru dan mutu pendidikan secara nasional.
Program Seleksi Guru Berprestasi merupakan salah satu bentuk implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Guru.
Guru merupakan tenaga pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Di dalam melaksanakan tugasnya, guru harus memiliki sejumlah kompetensi yang dapat diandalkan, sehingga menjadi teladan bagi peserta didik. Kompetensi tersebut, meliputi kompetensi profesional, kompetensi pedagogik. kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.
Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan guru dapat membimbing peserta didik sesuai standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan.
Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap karakteristik peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensinya.
Kompetensi kepribadian adalah kemampuan personal berupa kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, teladan bagi peserta didik masyarakat, dan berakhlak mulia.
Kompetensi sosial adalah kemampuan guru sebagai bagian dari masyarakat dalam berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.
Berikut dibagikan contoh soal Seleksi Guru Berprestasi tahun 2020 dan kunci jawabannya. Contoh soal ini terdiri dari soal pedagogik, soal kepribadian, dan soal model pembelajaran.
Soal dalam format pdf dan berbentuk pilihan ganda dengan lima alternatif jawaban. Soal berjumlahn 80 butir dan sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya.
Silakan unduh contoh soal Seleksi Guru Berprestasi Tahun 2020 pada tautan yang tersedia di bawah ini.
Contoh preview soal bisa di lihat di bawah ini:
1. Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun meraka berada. Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini, pengguna dapat pula mengarsipkan suratsurat yang diangap penting dengan menyimpannya pada folder yang
disediakan untuk itu disebut dengan….
a. Teleconverence
b. Email
c. Website
d. Chatting
e. Browsing
2. Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan disebut kegiatan…………..
a. Elaborasi
b. Eksplorasi
c. Konfirmasi
d. Browsing
e. Contextual teaching learning
3. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ……..
a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan,
tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
b. Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
c. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
d. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
e. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.
4. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut …
a. 1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2) penyiapan kondisi psilogis peserta didik 3) respons peserta didik untuk merespons; 4) reaksi guru terhadap respons peserta didik.
b. 1. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 3. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4. respons peserta didik untuk merespons;
c. 1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2) respons peserta didik untuk merespons; 3) reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4) penyiapan kondisi psilogis peserta didik
d. 1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2) respons peserta didik untuk merespons; 3) reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4) penyiapan kondisi psilogis peserta didik.
e. 1) penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 2) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3) respons peserta didik untuk merespons; 4) reaksi guru terhadap respons peserta didik.
5. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada….
a. Metode pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
c. Strategi pembelajaran
d. Gaya pembelajaran
e. Kemampuan belajar
6. Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-gaktor
di bawah ini ….
a. Intake Siswa
b. Tingkat kesulitan
c. Sarana pendukung
d. Bakat dan Minat siswa
e. Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung
7. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a. fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
b. fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
c. fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur, fungsi
d. fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
e. konsep, definisi, aksioma, prosedur,
8. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada
rumusan….
a. kompetensi dasar
b. standar kompetensi
c. indikator
d. metode pembelajaran
e. sumber belajar
9. Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang
menunjang pencapaian kompetensi dasar :
1. potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah
2. tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, social dan spiritual peserta didik
3. kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
4. kemampuan guru dan ketersediaan referensi
5. relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
6. dana yang tersedia
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu,guru harus
memperhatikan antara lain nomor….
a. 1, 2, 3, 4 b. 2, 3, 5, 6 c. 1, 2, 3, 5 d. 1, 2, 4, 5 e. 3, 4, 5, 6
10. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut……..
a. menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan pengajaran remidi
e. mengadakan tes remidi