Tujuan Pembelajaran Khusus :
- CGP dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif.
Sebagai
seorang guru penggerak harus memiliki mimpi besar untuk muridnya, tidak sekedar
untuk satu dua tahun kedepan, tetapi untuk masa depan anak didik kita. mimpi
besar itu bisa kita wujudkan dalam sebuah Visi, visi seorang guru untuk peserta
didiknya di masa depan.
dalam
menentukan sebuah visi, kita tidak bisa terlepas dari filosfi pendidikan yang diajarakan oleh
KHD mulai dari setiap anak memiliki kodrat zaman dan kodrat alam, anak bukanlah
kertas kosong,sifat anak adalah bermian, tugas guru adalah menuntun dan
filosofi KHD lainnya. landasan
nilai-nilai KHD itu kemudian kita bangun melalui nilai dan peran kita sebagai
guru penggerak. Adapun nilai sebagai guru penggerak yang tidak boleh
ditinggalkan diantaranya adalah mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan
berpihak pada murid. nilai-nila tersebut dapat kita transformasikan kedalam
peran kita sebagai pemimpin
pembelajaran, coach bagi guru lain,
membangun komunitas praktik, mendorong kolaborasi dan mewujudkan kepemimpinan
murid.
Setelah
kita sudah membangun pondasi berfikir kita dengan filosofi KHD, dan menempa
diri kita dengan nilai dan peran guru penggerak, maka tahap berikuitnya adalah
kita membangun visi murid kita dengan melakukan transformasi perubahan. salah
satu manajemen perubahan tersebut dengan Inkuiri Apresiatif.
Inkuiri
Apresiatif(IA) merupakan salah satu manajemen perubahan yang berlandasakan
potensi-potensi positif yang kita miliki untuk kita kembangkan menujua sebuah
perubahan. Inkuiri Apresiatif (IA) dikenal sebagai pendekatan manajemen
perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA menggunakan
prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif.
Pendekatan IA percaya bahwa setiap orang
memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Inti
positif ini merupakan potensi dan aset organisasi. Implementasi Inkuiri
Apresiatif (IA) dapat dimulai dengan mengidentifikasi hal baik apa yang telah
ada di sekolah, mencari cara bagaimana hal tersebut dapat dipertahankan, dan
memunculkan strategi untuk mewujudkan perubahan ke arah yang lebih baik.
Tahapan dalam IA disebut dengan dengan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran,
Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi.)
alur
perubahan dengan BAGJA yang kita rancang tidak serta merta akan terwujud dalam
waktu cepat dan singkat, karena itu baru langkah awal perubahan, langkah berikutnya
bagaimana kita mengkomunikasikan kepada warga sekolah kepala sekolah rekan guru
dan pihak lainya yang memiliki peran penting untuk bersama berkolaborasi
menggerakkan peruabahan.
Dalam
proses apapun kita harus melaluinya dengan berbagai tahap dan rintangan untuk
bisa terbang tinggi. seperti burung yang terbang akan melandai (rendah) terlebih dahulu untuk
membentuk kurva dan terbang lebih timggi.
Berikut
ini saya tuliskan kembali visi yang telah saya buat pada kesempatan yang lalu.Visi
murid saya di masa depan adalah sebagai berikut:
“Terwujudnya
peserta didik yang beriman,cerdas,terampil,mandiri,dan berwawasan global”.
Tahapan
Rancangan Strategi Perubahan dengan Pendekatan IA dengan tahapan BAGJA yang
saya lakukan adalah sebagai berikut:
Membimbing
peserta didik untuk kreatif membuat konten video pembelajaran dengan menggunakan
Smartphone(HP).
Tahapan dalam yang saya lakukan dengan menggunakan pendekatan Inkuiri Apresiatif(IA) adalah sebagai berikut:
Membimbing peserta didik untuk kreatif membuat konten video pembelajaran dengan menggunakan Smartphone(HP).
Prakarsa perubahan dan strategi pengenalan kekuatan dan potensi murid di sekolah kami sajikan dalam tabel dalm format ms.word.Bapak/ibu guru CGP bisa mengunduhnya DI SINI
Kemudian untuk pembuatan Infografis dan Power point tentang Tahapan Rancangan Strategi Perubahan dengan Pendekatan IA dengan tahapan BAGJA untuk mewujudnya visi dan prakarsa perubahan bisa UNDUH DI SINI
Demikian materi terkiat dengan Tugas 1.3.a.9. Koneksi Antar Materi - Visi Guru Penggerak yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini.Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai bahan rujukan bagi rekan guru sekalian.