Minggu, 03 April 2022

 Rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP) merupakan pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisi pengaturan yang berkenaan dengan perkiraan atau proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, kemungkinan pelaksaan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah direncanakan ataupun tidak karena proses pembelajaran bersifat situasional, apabila perencanaan disusun secara matang maka proses dan hasil pembelajaran tidak akan jauh dari perkiraan.

RPP Kelas 6 Terintergrasi KSE


Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Pembelajaran Sosial dan Emosional adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional.

Pembelajaran sosial dan emosional bertujuan:

  • memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosi (kesadaran diri)
  • menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri)
  • merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran sosial)
  • membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (keterampilan membangun relasi)
  • membuat keputusan yang bertanggung jawab.  (pengambilan keputusan yang bertanggung jawab)

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE)  dapat dilakukan dengan 4 cara:

  • Mengajarkan Kompetensi Sosial Emosional (KSE)  secara spesifik dan eksplisit
  • Mengintegrasikan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) ke dalam praktik mengajar guru dan gaya interaksi dengan murid
  • Mengubah kebijakan dan ekspektasi sekolah terhadap murid
  • Mempengaruhi pola pikir murid tentang persepsi diri, orang lain dan lingkungan.
Contoh Penerapan Keterampilan pembelajaran Sosial Emosional(KSE) terintegrasi dengan perangkat pembelajaran RPP,bisa bapak/ibu guru unduh melalui tautan link di bawah ini:
Demikian Contoh Penerapan KSE terintegrasi dengan RPP kelas 6 SD seemster 2 KK 2013.RPP ini juga masih banyak kekurangannya sehingga rekan guru lain bisa mengedit dan menyempurnakan menjadi lebih baik lagi.