Modul 1 Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik
Mengenal Diri dan Perannya Sebagai Pendidik
Latihan Pemahaman
Sebelum memerdekakan murid dalam belajarnya, berikut yang dapat dilakukan guru?
Meminta murid belajar sendiri sesuai keinginannya
Tidak merasa perlu meningkatkan kompetensinya
Memaknai dan menghayati diri sebagai manusia yang merdeka untuk terus belajar
Memepercayakan kepada murid proses belajar tanpa bimbingan
Cerita Reflektif :
Peran apa yang paling dominan Anda lakukan kepada murid-murid Anda?
Apa Peran Saya Sebagai Guru
Latihan Pemahaman
Sebagai guru, tindakan yang perlu dilakukan adalah
menyelaraskan peran guru yang relevan dengan konteks murid dan zaman
melanjutkan peran guru sebagai pusat sumber pengetahuan
menghukum murid jika melakukan kesalahan
mengajari murid berdasarkan pengalaman mengajar guru
Cerita Reflektif :
Menurut Anda, guru seperti apa Anda di mata murid-murid Anda?
Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya
Latihan Pemahaman
Berikut ini hal-hal yang dilakukan guru untuk menginspirasi muridnya, kecuali:
bertutur kata lembuh kepada murid
mendengarkan pendapat murid
mempermalukan di depan murid lain
memotivasi untuk gemar dan senang belajar
Cerita Reflektif :
Jika Anda bisa kembali ke masa di mana Anda menjadi murid di bangku sekolah, siapa guru yang ingin Anda belajar dengannya?
Soal dan Jawaban Post Test Platform Merdeka Mengajar Modul 1 Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik
1. Berikut adalah salah satu contoh penerapan belajar merdeka yang diterapkan dalam pendidikan di sekolah
A. Mengajari murid-murid materi tentang kebudayaan
B. Guru membuatkan peraturan yang harus dipatuhi di dalam kelas
C. Mempercayakan murid-murid untuk bekerja dengan mandiri dan membimbingnya jika membutuhkan bantuan
D. Murid-murid harus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan belajar yang sudah dibutkan oleh guru di sekolah
2. Apa definisi manusia merdeka menurut Ki Hajar Dewantara
A. Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri, namun perlu dibantu oleh orang-orang di sekitarnya untuk menentukan keputusan
B. Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun batin, tidak bergantung dengan orang lain
C. Manusia yang fokus dengan kekuatan yang dimiliki sehingga dapat menjalankan kehidupannya dengan merdeka
D. Manusia yang berdiri sendiri tanpa memperdulikan orang lain sehingga dapat mengambil keputusan sesuai dengan hasil dari pikirannya sendiri
3. Pendidik sejatinya menuntun tumbuh kodrat pada anak agar dapat memperbaiki ...
A. prilakunya
B. dasar hidupnya
C. kekuatan kodratnya
D. potensinya
4. Berikut ini langkah-langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang pendidik untuk menuntun murid-murid menjadi manusia yang merdeka, kecuali ...
A. Memahami peran diri menjadi pendidik
B. Menambah kapasitas diri sebagai pendidik
C. Membuat perencaaan kegiatan belajar
D. Adaptif, relevan dengan tujuan belajar murid-murid
5. Sebagai guru, apa saja pengalaman belajar yang perlu dimaknai oleh murid?
A. Pengetahuan, ketrampilan dan wawasan keilmuan serta pendidikan karakter
B. Pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan dan sikap untuk terus belajar
C. Pengetahuan, ketrampilan dan sikap untuk terus belajar, serta mendampingi murid untuk bisa memahami dan mencapai tujuan belajarnya
D. Ketrampilan, wawasan pengetahuan dan menngajarkan mereka bersosialisasi
6. Untuk memberikan ilustrasi tentang pentingnya mendidik anak, Ki Hajar Dewantara menyamakan seperti ...
A. mendidik keluarga
B. mendidik masyarakat
C. mendidik teman belajar
D. mendidik guru
7. Murid-murid kita saat ini adalah generasi digital native, fasih berselancar di internet, mendapatkan pengetahuan bahkan mempelajari ketrampilan sesuai kebutuhan belajar mereka. Apa yang dimaksud generasi digital native?
A. Generasi yang tumbuh di era transisi digital
B. Generasi yang tumbuh sebelum perkembangan teknologi digital
C. Generasi yang lahir dan tumbuh di dalam era digital
D. Generasi yang menentukan teknologi digital
8. Dengan menjadi guru, apa yang kelak akan dibentuk dengan menjadikan murid-murid sebagai bagian atau bahkan pemimpin masyarakat di masa depan?
A. Kesenian
B. Kebudayaan
C, Adat istiadat
D. Ketrampilan
9. Untuk menjadi guru yang dapat menghadapi perubahaan zaman yang dinamis, ketrampilan apa yang perlu dimiliki seorang guru?
A. Inovatif
B. Efektif
C. Adaptif
D. Reflektif
10. Jika seorang guru ingin muridnya menjadi manusia yang memiliki empati, maka ia perlu melakukan hal-hal berikut ini, kecuali ...
A. memastikan muridnya selalu sukses dalam proses belajarnya
B. memahami keberagaman sifat dan karakter murid-muridnya
C. membiasakan murid-muridnya untuk saling menerima kelebihan dan kekurangan
D. menempatkan diri sebagai rekan belajar setara sehingga timbul perasaan saling memahami, menghargai dan membutuhkan.