KUNCI
JAWABAN MODUL 2 PLATFORM MERDEKA MENGAJAR
Setelah mengikuti Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar Modul 1, bapak dan ibu guru akan melanjutkan Modul 2 Mendidik dan Mengajar menggunakan platform Merdeka Mengajar agar bisa memahami Kurikulum Merdeka.
Di dalamnya ada berbagai menu termasuk Pelatihan Mandiri. Pelatihan ini berisi informasi tentang Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu bapak dan ibu guru harus mengikuti kegiatan ini hingga selesai.
Kegiatan Pelatihan Mandiri ini di dalamnya terdapat materi, latihan pemahaman, cerita refleksi dan Post Test agar bisa melanjutkan ke modul berikutnya. Berikut ini latihan pemahaman, cerita refleksi dan Post Test Platform Merdeka Mengajar Modul 2 Mendidik dan Mengajar :
Mendidik Menyeluruh
Latihan
Pemahaman
Manakah peran yang paling dominan Anda lakukan di
dalam kelas?
Mendidik
Mengajar
Mendidik dan Mengajar
Cerita Reflektif
:
Ceritakan sosok guru yang menumbuhkan kekuatan dan potensi Anda sewaktu menjadi murid dulu?
Pendidikan selama Satu
Abad
Latihan Pemahaman
Manakah budaya pendidikan zaman kolonial yang sudah
tidak lagi di praktikkan di kelas:
Meminta murid berdiri di depan kelas saat mereka lalau
mengerjakan
Meminta murid berdiri di depan kelas saat mereka lalai
mengerjakan tugas
Saat belajar, murid duduk rapi menghadap ke depan dan
kelas hening
Melakukan pemeringkatan murid berdasarkan nilai dari
tes pengetahuan setiap mata pelajaran
Cara pembuatan tugas dilakukan seragam, misalnya semua
murid mengerjakan video, melalui tulisan, dsb.
Memukul murid karena tidak mengerjakan
tugas
Cerita Reflektif
:
Praktik pendidikan kolonial apa yang pernah Anda lakukan selama menjadi guru?
Menjadi manusia (Secara) utuh
Latihan
pemahaman
Pendidikan atau "tuntunan" seharusnya
memberikan murid:
didikan pengetahuan
didikan 'lahir'
didikan 'batin'
didikan hidup
didikan 'lahir dan batin'
Cerita Reflektif
:
Jika kembali ke semester lalu dimana Anda merasa belum optimal mengasah nalar, kemampuan berpikir, dan mengembangkan kebutuhan batin murid Anda, di materi apa Anda mau mengajar kembali dan memperbaiki dengan cara apa?
Post Test
1. Ki Hadjar Dewantara mendefiniskan
'Pendidikan' sebagai "tuntunan" artinya ....
A. Tuntunan guru untuk membimbing murid
B. Tuntunan dalam promosi pembelajaran
C. Tuntunan murid untuk beradaptasi
D. Tuntunan dalam hidup tumbuhnya murid sesuai dengan kodratnya
2. Apa definisi dari 'mendidik' yang paling tepat
menurut Ki Hadjar Dewantara?
A. Menuntut segala kodrat yang ada pada
murid, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang
setinggi-tingginya baik itu sebagai manusia maupun anggota masyarakat
B. Menurun kehidupan murid agar mereka mampu
menghadapi perubahaan lingkungan dan menjaling hubungan sosial dan budaya yang
ada di sekitarnya
C. Mengajarkan murid mengenai hal-hal yang belum
diketahui sehingga membuatnya menjadi leih tau agar wawasan dan ketrampilan
yang dimiliki menjadi lebih baik untuk masa depannya
D. Menetapkan kebutuhan murid dengan melihat karakteristik setiap murid agar proses pendidikannya dapat berjalan dengan lebih optimal
3. Berikut ini adalah bentuk praktik pengajaran,
kecuali:
A. Guru menyampaikan cara membuat puisi
B. Guru mengamati minat murid terhadap
puisi
C. Murid mempelajari ragam puisi yang disampaikan guru
D. Guru meminta murid membuat puisi sesuai teori yang diajarkan
4. Menurut Ki Hadjar Dewantara, ... merupakan cara
menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin.
A. Menuntun
B. Tuntunan
C. Pendidikan
D. Pengajaran
5. Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari
"tuntunan" orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki
murid adalah...
A. Perubahan dasar hidup dan tumbuh kembangnya
B. Akal budi yang berkembang
C. Kekuatan murid yang semakin meningkat
D. Arah minat dan perubahan karakteristik diri
6. Berikut pernyataan yang sesuai terkait pemahaman
terhadap kata "pendidikan" dan "pengajaran" menurut Ki
Hadjar Dewantara...
A. Tuntunan adalah salah satu bagian dari pengajaran
B. Tuntunan adalah salah satu bagian dari pendidikan
C. Pengajaran adalah salah satu bagian
dari Pendidikan
D. Pendidikan adalah salah satu bagian dari tuntunan
7. Hanya fokus pada orientasi kognitif dalam
pembelajaran dapat menyebabkan...
A. Murid malas belajar
B. Perkembangan kecakapan emosi dan sosial
murid terabaikan
C. Murid tertekan untuk sekolah
D. Sistem penilaian tidak sesuai
8. Menurut Ki Hadjar Dewantara, sistem pendidikan
barat mengedepankan rasio dan ilmu pengetahuan tanpa adanya...
A. Pendidikan emosional dan kecerdasan
B. Olah rasa dan pendidikan intelektual
C. Pendidikan intelektual dan emosional
D. Pendidikan emosional dan olah rasa
9. Dasar utama yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara
untuk mencapai keluhuran manusia, nusa dan bangsa adalah kemerdekaan setiap
murid untuk mampu mengatur dirinya sendiri agar seperti tersebut di bawah ini,
kecuali...
A. Berpikir merdeka dalam ketertiban bersama
B. Berperasaan
C. Dapat bekerja berdasarkan kehendak
D. Mengatur orang lain
10. Sifat pendidikan yang paling sesuai dengan bangsa
kita menurut Ki Hadjar Dewantara adalah ...
A. Humanis, Oportunis, Kerakyatan
B. Humanis, Kerakyatanm dan Praktis
C. Humanis, Kerakyatan, dan Kebangsaan
D. Humanis, Kebangsaan dan Intelektualistis
11. Penanda manusia merdeka menurut Ki Hadjar
Dewantara adalah berikut ini kecuali...
A. Berdaya
B. Berbudi pekerti
C. Beriman
D. Berkuasa atas kehendak diri
12. Pengembangan budi pekerti (olah rasa, karakter),
pikiran (olah pikir) dan jasmani (olah raga) murid melalui pendidikan tidak
dapat dipisahkan, karena...
A. Penting untuk masa depan
B. Membuat diri murid menjadi seimbang
C. Akan menuntun bagaimana cara hidup dan memelihara
hidup murid
D. Merupakan pokok pembelajaran dalam pendidikan