Aksi Nyata Topik 1 s/d 4 PMM Lolos Validasi
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) mengembangkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk pendidik dalam mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki fitur Belajar, Mengajar, dan Berkarya.
Merdeka Mengajar (PMM) merupakan wadah teknologi yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membantu dan memudahkan guru dalam melakukan proses belajar serta mengoptimalkan Implementasi Kurikulum Merdeka.
PMM dapat digunakan sebagai bahan untuk mengajar. Para guru dimudahkan dengan perangkat ajar yang terdapat di platform tersebut, asesmen murid, dan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat sesuai tahap capaian perkembangan peserta didik.
Setelah bapak/ibu guru menyimak dan mempelajari materi serta tayangan video yang ada di platform Merdeka Mengajar(PMM) langkah-langkah terakhir yang harus bapak/ibu guru kerjakan adalah membuat sebuah aksi nyata.Aksi nyata merupakan bentuk praktik pemahaman Anda terhadap topik yang dipelajari dalam Pelatihan Mandiri. Aksi Nyata juga merupakan aktivitas terakhir untuk menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri.
berikut ini panduan dalam melaksanakan aksi nyata:
Topik 1 Merdeka Belajar
Membuat Strategi Penerapan Merdeka Belajar
Aksi Nyata:
Pastikan Anda memahami tujuan pembelajaran topik Merdeka Belajar.
Buatlah strategi penerapan Merdeka Belajar sesuai dengan pemahaman Anda
Koneksikan/hubungkan konsep Merdeka Belajar yang Anda pahami dengan konsep, materi dan pengalaman lain Anda selama ini.
Komunikasikan strategi Anda dalam bentuk visual (bisa berupa cerita bergambar/video/audio/infografis/karikatur/bentuk lain) yang menurut Anda menarik dan menjelaskan
Buatlah form untuk mendapat umpan balik dari rekan Anda, dan lampirkan dokumentasikan bukti formulirnya (jumlah umpan balik minimal 5)
Minta audiens Anda menjawab pertanyaan ini:
Bagaimana strategi yang disampaikan sesuai dengan tujuan merdeka belajar?
Bagaimana strategi bisa diterapkan?
Bagaimana kesesuaian strategi dengan target audiens?
Tuliskan refleksi prosesnya: hal apa yang Anda pelajari dari proses berbagi pemahaman mengenai topik Merdeka Belajar, bagian mana yang mengubah Anda, dan apa langkah konkrit Anda selanjutnya
Unggah bukti dokumentasi kegiatan, hasil pengisian form feedback (dari poin 5), dan rangkuman refleksi Anda (dari poin 6)
Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.
Menyebarkan pemahaman "Mengapa kurikulum perlu berubah?" - [Guru dan Kepala Sekolah]
Aksi Nyata:
Rancanglah rencana penyebaran pemahaman "Mengapa Kurikulum perlu Berubah?" kepada sasaran yang menurut Anda perlu memahami konsep ini. (Rekan guru/orang tua/murid/dsb.)
Komunikasikan pemahaman Anda tentang kurikulum dan "Mengapa Kurikulum perlu Berubah?" kepada sasaran tersebut.
Pemahaman boleh disampaikan melalui ragam media (presentasi/video/poster/booklet/lagu/puisi/dll) dengan cara yang efektif untuk sasaran. Kegiatan dapat dilakukan dalam bentuk luring maupun daring melalui media yang menurut Anda sesuai.
Mintalah refleksi/umpan balik dari sasaran Anda dengan menggunakan cara sendiri atau metode yang tersedia di Perpustakaan Belajar.
Unggah bukti dalam 1 dokumen yang berisi:
- Dokumentasi kegiatan penyebaran pemahaman "Mengapa kurikulum perlu berubah?" (Poin 2-3)
- Hasil refleksi dengan audiens Anda (Poin 4)
Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.
Membuat strategi penerapan kurikulum merdeka di kelas - [Guru]
Aksi Nyata:
Buatlah strategi penerapan Kurikulum Merdeka sesuai dengan pemahaman Anda misalnya, membuat modul ajar (RPP Plus)/ membuat kesepakatan atau keyakinan kelas/melakukan asesmen diagnostik, dsb. Silahkan melibatkan aktor/pemangku kepentingan untuk membantu pelaksanaannya.
Praktikkan rancangan strategi Anda di kelas
Mintalah umpan balik/refleksi dari murid (min 3) secara tertulis (untuk jenjang PAUD dan SD Fase A bisa secara lisan) dengan menggunakan cara sendiri atau metode yang tersedia di Perpustakaan Belajar.
Unggah dokumen berisi:
- Dokumentasi projek (poin 1 dan 2)
- Dokumentasi hasil refleksi/umpan balik dari murid (poin 3)
Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.
Membuat Diskusi Kelompok Terarah (FGD) terkait Kurikulum Merdeka - [Guru - Kepala Sekolah]
Aksi Nyata:
Buatlah kegiatan Diskusi Kelompok Terarah (FGD) mengenai pemahaman kurikulum merdeka yang mencakup struktur kurikulum, asesmen, dan pembelajaran berdiferensiasi di satuan pendidikan Anda.
Gunakan metode 6 Topi Berpikir untuk memandu diskusi.
Libatkan para guru dan staf di satuan pendidikan dalam kegiatan ini.
Unggah bukti dalam 1 dokumen yang berisi:
- Dokumentasi kegiatan (poin 1)
- Dokumentasi isi dari 6 Topi Berpikir (poin 2)
Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.
Topik 3 Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A ( ada 5 pilihan )
- Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP) - [Guru]
- Merumuskan Pemahaman Bermakna - [Guru]
- Membuat / Memodifikasi Modul Ajar - [Guru dan Kepala Sekolah]
- Merumuskan Visi Misi Satuan Pendidikan - [Kepala Sekolah]
- Merefleksikan Visi Misi Satuan Pendidikan - [Kepala Sekolah]
Topik 4 Asesmen SD/Paket A ( ada 6 pilihan )
- Melakukan Asesmen Format Alternatif - [Guru]
- Melakukan Asesmen Awal Pembelajaran - [Guru]
- Menyelenggarakan Pelaporan Belajar Oleh Murid - [Guru]
- Menyelenggarakan Pelaporan Belajar Oleh Murid - [Kepala Sekolah]
- Forum Diskusi Terarah Mengenai Pola Pikir Bertumbuh - [Kepala Sekolah]
- Musyawarah Metode Pengolahan Rapor - [Kepala Sekolah]
Aksi Nyata modul 4 UNDUH DI SINI
Demikian beberapa contoh kumpulan aksi nyata topik 1 sampai dengan 4 pada Platform Merdeka Mengajar.Semoga bisa dijadikan sebagai bahan rujukan bagi rekan guru dalam pembuatan aski nyata di masing-masing topik.