Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Topik 7 Gotong Royong
Dalam kesehariannya, ciri gotong royong dalam Profil Pelajar Pancasila tertanam dalam keseharian kita baik di lingkungan sekolah,keluarag dan masyarakat untuk mencapai tujuan bersama dengan membawa energi positif, proaktif, dan senang berbagi ilmu untuk kemajuan bersama.
Gotong royong merupakan karakteristik yang wajib dimiliki oleh pelajar Pancasila sebagai sebuah kemampuan untuk melakukan kegiatan secara kolektif dan sukarela. Hal ini penting, karena sifat gotong royong yang dimiliki oleh pelajar Pancasila akan memudahkan kegiatan untuk berjalan dengan lancar dan ringan.
Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Topik 7 Gotong Royong
1. Agar bisa bergotong royong, murid perlu menguatkan dulu dimensi mandiri.
A Benar, karena berhubungan
B Salah, bisa berjalan masing-masing
2. Berikut ini adalah elemen dari dimensi gotong royong, kecuali:
A Elemen kolaborasi
B Elemen kepedulian
C Elemen berbagi
D Elemen kerja sama
3. Dalam konteks elemen kepedulian, murid perlu memiliki persepsi sosial yang berarti...
A Mengenal orang di sekitar
B Memahami mengapa orang lain bereaksi dan melakukan tindakan tertentu
C Memberi nasehat pada orang yang membutuhkan
D Mempertimbangkan pendapat orang lain
4. Bu Nila mendukung murid menguatkan elemen kolaborasi di kelas. Hal yang dilakukan Bu Nila adalah sebagai berikut, kecuali:
A Mendorong murid membagi pekerjaan kelompok sesuai minat
B Mendorong murid membagi pekerjaan kelompok sesuai kemampuan
C Menghargai semua ucapan murid dengan tidak mematahkan pendapat murid tanpa argumen logis
D Mendorong murid memahami reaksi teman sekelompoknya
5. Pak Sukri adalah guru biologi di SMA Muara 3. SMA Muara 3 hanya memiliki 5 mikroskop untuk digunakan 20 murid. Memanfaatkan keadaan ini, Pak Sukri bisa menguatkan dimensi gotong royong dengan cara:
A Membagi kelas ke dalam 4 kelompok, 1 kelompok menggunakan mikroskop, 3 lainnya berkegiatan lain
B Membagi murid ke dalam beberapa kelompok, lalu memberi 1 mikroskop ke tiap kelompok
C Menggunakan alarm untuk mengatur waktu penggunaan mikroskop tiap-tiap murid
D Menggilir penggunaan mikroskop sesuai daftar hadir