Senin, 06 Februari 2023

Kunci Jawaban Post Test Modul 6 Dimensi Bernalar Kritis Topik 7

Kunci Jawaban Post Test Modul 6 Dimensi Bernalar Kritis Topik 7

1. Kemampuan murid untuk merefleksikan hasil pemikiran atau kesimpulannya merupakan bagian dari elemen...
A Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
B Menganalisis dan mengevaluasi penalaran
C Refleksi pemikiran dan proses berpikir
D Refleksi pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

2. Yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah ...
A Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
Memverifikasi penelusuran informasi
C Menganalisis dan mengevaluasi penalaran
D Refleksi pemikiran dan proses berpikir

3. Bu Omas mengajar IPA di kelas 7 (fase D. Tujuan pembelajarannya adalah siswa mampu memahami prosedur keselamatan kerja dalam laboratorium IPA. Dalam pembelajarannya, Bu Omas mengajak murid secara berkelompok untuk mengidentifikasi kecelakaan yang mungkin terjadi dalam laboratorium serta cara pencegahannya. Bu Omas juga memberikan label informasi pada peralatan dan bahan di laboratorium IPA untuk murid pelajari.
Praktik yang dilakukan Bu Omas menstimulasi elemen....
A Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan. Karena Bu Omas tidak memberikan langsung prosedur keselamatan kerja melainkan mengarahkan murid untuk mencari dan membentuk sendiri
pemahamannya.
B Elemen menganalisis dan mengevaluasi gagasan. Karena dari label informasi yang diberikan Bu Omas, murid harus menganalisis dahulu bahaya yang mungkin.
C Jawaban a dan b benar
D Tidak ada jawaban yang benar 

4. Pak Doni memberikan kuis dengan tipe soal pilihan ganda. Namun ia juga meminta murid menjelaskan alasan dari jawabannya. Praktik yang dilakukan Pak Doni membuatnya mampu melihat hal berikut dari muridnya, kecuali ...
A Pemahaman murid terhadap konsep
B Miskonsepsi
C Jawaban benar dan salah
D Kesulitan yang dihadapi murid 

5. Bu Neke adalah guru seni tari. Berikut adalah yang bisa Bu Neke lakukan di kelasnya untuk memfasilitasi muridnya bernalar kritis, kecuali...
A Saling mereviu penampilan teman saat pentas
B Membuka ruang diskusi mengenai interpretasi tari
C Memberikan checklist komponen pertunjukan saat menonton pentas tari
D Menceritakan hal yang mereka pelajari saat menonton sebuah pentas tari