Selasa, 09 Juli 2019

Soal dan Kunci Jawaban Formatif KB 1 Tematik

Soal dan Kunci Jawaban Formatif KB 1 Tematik 

Karakteristik  peserta  didik dapat  dilihat  dari  tingkat  perkembangannya secara  fisik,  motorik,  intelektual,  sosial,  emosional,  moral,  dan  spiritual.  Secara fisik,   karakteristik  siswa SD pada   umumnya   adalah   sudah   berkembangnya koordinasi antara mata dengan tangan, tangan semakin kuat dan dapat digunakan secara bebas, mudah, dan tepat, mulai memiliki keterampilan manipulatif dengan menampilkan    gerakan    kompleks,  rumit,    dan    cepat. Secara    intelektual, perkembangan  kognitif  siswa  SD  termasuk  kedalam  tahap  operasional  konkret yang  memiliki  karakteristik  dapat  mengoperasikan  kaidah-kaidah  logika  dengan bantuan  objek-objek  konkret  dan  menguasai  hukum  kekekalan  jumlah,  panjang, luas,   berat,   dan   volume.

 erdasarkan   perkembangan   emosional,   siswa   SD memiliki karakteristik mudah marah, rewel, rasa takut berlebihan, cemburu, ingin tahu,   iri   hati,   gembira,   sedih,   dan   kasih sayang.   Karakteristik   siswa   SD berdasarkan    perkembangan    sosialnya    di    antaranya:    (1) rentan    terhadap penerimaan  sosial,  (2)  kepekaaan  yang  berlebihan  dan  mudah  tersinggung,  (3) sikap   sportif   dan   tanggung   jawab   mulai   tumbuh,   (4)  ada   kecenderungan diskriminatif, (5) ada kecenderungan untuk menilai lebih rendah milik orang lain, (6)   bersifat antagonistis,   (7)   ada   kecenderungan   bersaing,   dan   (8)  mudah dipengaruhi.

Karakteristik siswa SD berdasarkan perkembangan moral antara lain ketaatan karena menghindari hukuman dan mengejar hadiah, serta masih setengah hati  dalam  mentaati  aturan.  Sedangkan  berdasarkan  perkembangan  spiritual, karakteristik  siswa  SD  antara  lain  sikap  religius   yang  bersifat  reseptif  dan pandangan  ke-Tuhan-an  diterangkan  secara  rasional  sesuai  kemampuan  berpikir siswa,   serta   penghayatan   secara   rohaniah   makin   mendalam.   Secara   umum, karakteristik   siswa   SD adalah   senang   bergerak,   senang   bermain,   senang berimajinasi  dan  berkarya,  senang  melakukan  sesuatu  secara  langsung,  senang bekerja  dalam  kelompok. 

Soal dan Kunci Jawaban Formatif KB 1 Tematik 

1. Ketaatan siswa terhadap nilai-nilai moral dan aturan karena menghindari hukuman dan mengejar hadiah untuk kepentingan sendiri termasuk karakteristik siswa SD berdasarkan . . .
a. Perkembangan kognitif menurut piaget
b. Pekembangan moral menurut kohlberg
c. Perkembangan kognitif menurut Robi Case
d. Perkembangan spiritual menurut Starbuch dan James

2. Berikut yang merupakan perkembangan motorik siswa SD pada usia 8-10 tahun menurut Santrock adalah . . .
a. Dapat mengunakan tangan secara bebas, mudah, dan tepat atau dengan kata lain koordinasi motorik halus berkembang
b. Mulai memiliki keterampilan-keterampilan manipulatif menyerupai orang dewasa
c. Tangan semakin kuat dan lebih menyukai menggunakan pensil dari pada krayon untuk melukis
d. Berkembangnya koordinasi antara mata dengan tangan yang dibutuhkan untuk membidik, menyepak, melempar dan menangkap

3. Tahap perkembangan kognitif menurut piaget dimana kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika mulai nampak meskipun terkait hal-hal yaang dapat dibayngkan dan anak mulai menguasai hukum kekekalan kuantitas, panjang dan volume disebu tahap. .
a. Sensorimotor
b. Pra-operasional
c. Operasional konkret
d. Vektorikal

4. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan mengawali pembelajaran dengan menjelaskan manfaat materi materi yang dipelajari, menggunakan model, metode, media, dan bahan ajar yang variatif sesuai minat siswa agar mereka tertarik mempelajarinya, serta memberikan pujian secara verbal maaupun nonverbal merupakan implikasi prinsip pembelajaran yang mendidik, yaitu . . .
a. Prinsip pengalaman atau keterlibatan langsung
b. Prinsip pengulangan
c. Prinsip perbedaan individu
d. Prinsip keaktifan

5. Pembelajaran yang dilaksanakan dengan berorientasi kepada keterampilan-keterampilan hidup peserta didik seperti berfikir kritis, berfikir kreatif, kemandirian, dan keterampilan lainnya yang bermakna bagi peserta didik sehingga pengetahuan yang didapatkannya dapat diterapkan dalam hidupnya untuk mengatasi masalah-masalah kontekstual yang sedang dihadapinya merupakan aktivitas belajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang mendidik yaitu . . .
a. Pembelajaran dengan keterampilan aplikatif
b. Keseimbangan antara keterampilan fisik dan mental
c. Peserta didik mencari tahu bukan diberi tahu
d. Sumber belajar yang bervariasi

6. Pembelajaran yang dilaksanakan dengan membangun cara pandang peserta didik tentang pentingnya materi pembelajaran yang akan dipelajari dengan cara pandangnya terhadap hakikat belajar sehingga mereka memahami dan memandang bahwa belajar merupakan hidup mereka dan penciri hidup mereka merupakan penerapan salah satu pembelajaran menurut Thorndike yaitu . . .
a. Prinsip motivasi
b. Prinsip persepsi
c. Prinsip kesiapan
d. Prinsip retensi

7. Berdasarkan karakteristik peserta didik SD pada kelas rendah, guru perlu menyiapkan berbagai kegiatan yang sesuai dengan karateristik peserta didik tersebut. Kegiatan yang tidak sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik SD kelas rendah adalah . . .
a. Guru menyiapkan kegiatan yang mendorong anak untuk bergerak secara terarah untuk mengasah keterampilannya
b. Guru memberikan kesempatan dan menyiapkan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan anak di luar kelas bersama teman-temannya
c. Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan sendiri secara aktif dengan memberikan contoh
d. Anak mengenali sesuatu berdasarkan apa yang didengarnya

8. Kemampuan, minat, dan energi tinggi yang dcurahkan siswa terhadap suatu mata pelajaran menunjukkan . . .
a. Prestasi siswa
b. Sikap siswa
c. Potensi siswa
d. Minat siswa

9. Kemampuan siswa dalam menggambar bangun ruang dari berbagai sudut pandang dengan cara membayangkannya termasuk kecerdasan . . .
a. Kinestetis
b. Emosi
c. Naturalis
d. Spasial-visual

10. Pembelajaran yang dilasanakan dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan pengetahuan sendiri melalu eksplorasi, mencoba, emngumpulkan data, dan kegiatan lainnya sehingga mereka dapat belajar tentang bagaimana seharusnya belajar (learning how to learn) dan dapat menumbuhkan kemandirian belajar merupakan akivitas belajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang mendidik, yaitu . . .
a. Peserta didik mencari tahu buka diberi tahu
b. Sumber belajar yang bervariasi
c. Pembelajaran dengan keterampilan aplikastif
d. Keseimbangan antara fisik dan mental