Soal dan Kunci Jawaban Formatif KB 2 Tematik Daring PPG
Berikut ini kami bagikan Soal dan Kunci Jawaban Formatif KB 2 Tematik Daring PPG yaitu materi seputar teori belajar dan implementasinya dalam pembelajaran di SD.
Pembelajaran yang efektif dapat dicapai apabila guru menguasai berbagai teori belajar sebagai landasan dalam mengimplementasikan pembelajarannya. Teori belajar merupakan hasil pemikiran para ahli pendidikan berupa deskripsi temuan tentang bagaimana individu belajar. Terdapat beberapa aliran teori belajar diantaranya aliran Behaviorisme, Kognitivisme, Humanisme dan Konstruktivisme.
Soal dan Kunci Jawaban Formatif KB 2 Tematik Daring PPG |
1. Aliran
teori belajar yang memandang bahwa belajar merupakan perubahan persepsi dan
pemahaman adalah ….
a. Kognitivisme
b. Humanis
c. Behaviorisme
d.
Konstruktivisme
2. Aliran
teori belajar yang memberi penekanan tentang perilaku manusia sebagai hasil
interaksi faktor dalam diri dan lingkungan adalah ….
a.
Behaviorisme
b. Kognitivisme
c. Konstruktivisme
d. Sosial
3. Aliran
teori belajar yang paling menonjol diterapkan bu Popi adalah ….
a. Humanism
b.
Konstruktivisme
c. Behaviorisme
d. Kognitivisme
4. Belajar
sebagai hasil meniru aktivitas orang lain merupakan salah satu pernyataan
terkait teori belajar menurut ….
a. Bruner
b.
Bandura
c. Gagne
d. Ausubel
5. Implementasi
fase pembelajaran menurut teori belajar Piaget dimana siswa aktif menggali
pengetahuan dengan cara mengamati struktur materi pembelajaran berupa
pengetahuan faktual (fakta yang terdiri dari peristiwa, fenomena, simbol, dan
fakta lainnya) merupakan implementasi fase ….
a. Aplikasi
konsep
b.
Eksplorasi
c. Pengendalian
konsep
d. Penguatan
konsep
6. Implementasi
dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ….
a. Anak
akan belajar jika selalu diperintah
b.
Anak
akan belajar jika diberikan motivasi
c. Anak
akan belajar jika dibiasakan
d. Anak
akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik
7. Menurut
aliran teori belajar humanism, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan
manusia.sehingga tujuan utama guru adalah ….
a. Membantu
siswa belajar menjadi manusia dewasa
b.
Membantu
siswa tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensinya
c. Membantu
siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia unik
d. Membantu
siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain
8. Pada
saat siswa mulai belajar menulis bilangan, guru memfasilitasinya dengan buku
siswa yang didalamnya terdapat titik-titik yang membentuk beberapa bilangan.
Pada pembelajaran berikutnya, siswa mulai menulis bilangan dibantu oleh guru
dengan cara memegangi pensil siswa untuk diarahkan, berikutnya siswa menulis
bilangan secara mandiri.
Aktivitas tersebut
merupakan penerapan salah satu prinsip pada teori belajar Skinner, yaitu….
a. Prinsip
hukuman
b. Prinsip
penghapusan
c.
Prinsip
pembentukan
d. Prinsip
penguatan
9. Salah
satu fase pembelajaran dengan menerapkan teori Pavlov dengan cara mengurangi
bahkan menghilangkan stimulus kondisi secara berangsur-angsur sehingga yang
tersisa adalah stimulus utama supaya respon tetap terjadi meskipun tanpa
stimulus kondisi disebut fase ….
a. Generalisasi
b.
Eliminasi
c. Diskriminasi
d. Akuisisi
10.
Teori belajar tentang
Zone Of Proximal Development (ZPD) yang amengatakan bahwa perkembangan
potensial akan selalu lebih tinggi dan dibandingkan perkembangan aktual karena
pengaruh dari lingkungan yang dikondisikan dengan baik merupakan teori ….
a. Gagne
b. Thorndike
c. Pavlov
d.
Vygotski