Selasa, 17 November 2020

Contoh Soal AKG Pedagogik dan Profesional Guru Madrasah Ibtidaiyah

 Contoh Soal AKG Pedagogik dan Profesional Guru Madrasah Ibtidaiyah

Sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Kondisi yang berbeda yang dialami oleh guru, mengakibatkan timbulnya berbagai kendala dalam penguasaan kompetensi yang disyaratkan.

Oleh karena itu, ada dua skema yang akan dilakukan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah untuk mengukur profesionalisme guru, kepala dan pengawas madrasah yakni secara akademis dan non akademis.

Pengukuran akademis dilakukan secara rutin setiap tahun yaitu dengan menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP). Kementerian Agama merupakan salah satu Kementerian yang berperan penting dalam dalam pencapaian target pembangunan pendidikan nasional.

Latihan soal sains AKG MI dan kunci jawabannya ini juga dapat menjadi gambaran bentuk soal AKG Madrasah yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Agama kepada guru Madrasah mulai tahun 2020 ini.

Soal AKG Guru MI
Asesmen Kompetensi Guru (AKG) adalah salah satu bentuk pengukuran akademis yang akan dilakukan secara rutin setiap tahun oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah  Kementerian Agama kepada guru Madrasah.

Salah satu prioritas dalam Rencana Strategis Kementerian Agama melalui Direktur Jenderal Pendidikan Islam adalah meningkatkan mutu dan kualitas guru Madrasah.

Peningkatan mutu guru madrasah dilaksanakan melalui skema Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB).

Lokus program tersebut dilakukan di kelompok kerja terdekat yaitu melalui kegiatan dalam Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK).

Salah satu langkah awal sebelum melakukan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah adalah tersedianya baseline pemetaan kompetensi Guru dan Tendik madrasah.

Baseline data pemetaan kompetensi tersebut dapat dilakukan melalui Asesemen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah.

Tujuan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Madrasah adalah untuk memperoleh informasi tentang gambaran umum kompetensi guru madrasah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Tujuan lain dari AKG, yaitu untuk mendapatkan peta sebaran dan kompetensi guru madrasah sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pembinaan profesional guru dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Pelaksanaan AKG juga bertujuan untuk mewujudkan tersusunnya instrumen asesmen kompetensi guru madrasah sebagai rapor kompetensi sebagai acuan kepada semua pihak terkait dalam menyusun kebijakan pengembangan keprofesionalan guru.

Terkait dengan pelaksanaan AKG tersebut, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) pada tanggal 19 sampai dengan 23 November 2020.

Di dalam surat edaran tentang pelaksanaan AKG, AKK, dan AKP Tahun 2020, diinformasikan bahwa peserta Asesmen Kompetensi Guru adalah sebagai berikut.

Guru Madrasah Ibtidaiyah

Guru Madrasah Tsanawiyah yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA Terpadu, Bimbingan dan Konseling.

Guru Madrasah Aliyah yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Bimbingan dan Konseling.

Dimensi kompetensi AKG meliputi Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional.

1. Pedagogik

  • Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
  • Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
  • Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
  • Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
  • Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
  • Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
  • Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
  • Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
  • Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
  • Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

2. Profesional

  • Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
  • Menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
  • Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
  • Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
  • Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

Ruang Lingkup Instrumen AKG Madrasah

1. Asesmen Kompetensi Guru MI

Komposisi soal AKG guru MI meliputi; (1) Pedagogik, Literasi, Numerasi, dan Sains. Jumlah soal keseluruhan 60 butir dengan waktu pengerjaan 120 menit.

Komposisi soal adalah:

  • Pedagogik : 15 butir
  • Literasi : 15 butir
  • Numerasi : 15 butir
  • Sains : 15 butir

2. Asesmen Kompetensi Guru MTs

Sasaran AKG Guru MTs hanya untuk guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA (Fisika dan Biologi), dan Bimbingan dan Konseling.

Komposisi soal AKG guru MTs meliputi; Pedagogik dan Profesional. Jumlah soal keseluruhan 60 butir dengan waktu pengerjaan 120 menit.

Komposisi soal adalah:

  • Pedagogik : 20 butir
  • Profesional : 40 butir
  • Jumlah : 60 butir

Soal pedagogik dikaitkan dengan pembelajaran pada kompetensi profesional (termasuk Bimbingan dan Konseling),

3. Asesmen Kompetensi Guru MA

Sasaran AKG Guru MA hanya untuk guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, dan Bimbingan dan Konseling.

Komposisi soal AKG guru MA meliputi; Pedagogik, Profesional. Jumlah soal keseluruhan 60 butir dengan waktu pengerjaan 120 menit.

Komposisi soal adalah:

  • Pedagogik : 20 butir
  • Profesional : 40 butir
  • Jumlah : 60 butir

Soal pedagogik dikaitkan dengan pembelajaran pada kompetensi profesional (termasuk Bimbingan dan Konseling).

Berikut ini kami bagikan contoh soal dan pembahasannya yang meliputi soal Pedagogik dan Profesional bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah(MI) yang akan mengikuti AKG Tahun 2020.Soal yang kami bagikan lengkap dengan pembahasan serta indikator dan kisi-kisi soal.

Silahkan bapak/ibu guru Unduh Contoh soal dan pembahasan Sains untuk jenjang MI sebagai persiapan mengikuti AKG Tahun 2020.

  1. Kisi-Kisi dan Soal AKG Pedagogik Madrasah Ibtidaiyah (MI
  2. Kisi-Kisi dan Soal AKG Profesional Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mapel Sains
  3. Kunci Jawaban Soal AKG Pedagogik dan Sains MI

Demikian materi terkait dengan Latihan Soal Sains AKG MI dan Kunci Jawabannya yang meliputi kompetensi pedagogik dan profesionalisme.Semoga bermanfaat bagi rekan Guru Sekalian.